Jumat, 02 Mei 2008

Gundam 00

Gundam 00, adalah salah satu dari serial Gundam yang bisa dikatan terbaik [in my opinion]. Berbeda dengan serial Gundam lain yang kebanyakan bercerita tentang perseturuan pihak space colony dan bumi, Gundam 00 bercerita mengambil cerita tentang keadaan bumi di masa depan. Yup, di serial ini kalender yang digunakan adalah Gregorian calendar (kalender yang dipakai saat ini) bukan fictional era. Cerita yang ada sangat kental dengan intrik politik dan perang namun masih terasa realistik (mungkin terjadi), sesuatu yang dinilai oleh kebanyakan orang menggambarkan keadaan bumi saat ini yang penuh dengan konflik dan [mungkin] keadaan yang akan terjadi di masa depan.
Yang mungkin menjadi kekurangan dari serial ini adalah karakternya yang sekilas sifatnya hanya meniru para karakter di Gundam Wing (Setsuna yang mirip Heero, Lockon mirip Duo, Allelujah mirip Trowa, Tieria mirip Wu fei, sampai Marina yang terkesan mirip Releena). Desain mecha-nya cukup menarik (especially Dynamess) dan terkesan real, hal ini memberi suatu nuansa baru pada jajaran mecha-mecha di dalam serial Gundam yang sudah ada sebelumnya (but still...I miss Zaku -.-‘).

Untuk masalah serialisasinya sendiri, Gundam 00 telah ditayangkan sampai berakhir di episode 25. Tapi di akhir ceritanya sendiri masih terdapat berbagai misteri yang belum terpecahkan (bahkan ada misteri baru di episode akhirnya) dan juga cukup mengejutkan karena banyaknya hal-hal yang tidak terduga terjadi di akhir episode. Namun, akhir yang ‘menggantung’ tersebut memang disengaja karena Gundam 00 direncanakan untuk ditayangkan dalam 2 season (wew...anime sekarang ikut2an pake season kyk film serial barat), dan season 2-nya [menurut rencana] akan ditayangkan pada Oktober 2008 dan terdiri sebanyak 27 episode.



The Story

2307 A.D, keadaan bumi sudah jauh berbeda. Persediaan minyak bumi mulai habis, dan untuk mengatasi hal ini maka dibangunlah Solar System yang dibuat pada Orbital Elevator untuk mendapatkan energi alternatif dari sinar matahari. Di bumi ini terdapat 3 buah Orbital Elevator yang masing2 dikuasai oleh 3 kekuatan/fraksi yang ada di bumi yaitu UNION[Amerika, Australia, dan Jepang], HRL [negara2 di Asia], dan AEU [negara2 Eropa]. Keadaan bumi juga tidak baik karena adanya konflik antara 3 fraksi yang memang bersaing untuk menjadi yang terkuat serta adanya perang yang terjadi di negara2 berkembang [suatu hal yang sebenarnya sudah terjadi sejak lama].
Keadaan ini memicu munculnya Celestial Being, organisasi militer yang bertujuan untuk menghapuskan perang, yang dibentuk oleh Aerolia Schenberg, ilmuwan jenius yang seharusnya sudah meninggal 200 tahun silam. Untuk mencapai tujuannya tersebut, Celestial Being melakukan intervensi militer tanpa memihak siapapun. Dan untuk melakukan aksi tersebut, digunakanlah 4 unit Gundam, suatu MS yang bahkan tidak diketahui asal-usulnya dan teknologinya belum diketahui oleh fraksi manapun. Gundam tersebut antara lain Gundam Exia [pilot:Setsuna.F.Seiei], Gundam Dynamess [pilot:Lockon Stratos], Gundam Kyrios [pilot:Allelujah Haptism], dan Gunam Virtue/Nadleeh [pilot:Tieria Erde].
Intervensi yang dilakukan oleh Celestial Being mengundang berbagai opini di masyarakat baik pro maupun kontra. Sedangkan UNION, HRL, dan AEU menganggap Celestial Being adalah sebuah ancaman sehingga masing2 pihak membentuk pasukan khusus untuk megalahkan Celestial Being sekaligus mendapatkan Gundam. Namun, pasukan2 khusus tersebut tidak mampu menandingi Gundam, hingga pada akhirnya ketiga fraksi yang ada memutuskan untuk bekerja sama dan mengadakan sebuah latihan militer bersama yang sebenarnya merupakan rencana mereka untuk mengalahkan Celestial Being dan menangkap Gundam.
Celestial Being menganggap hal tersebut sebagai suatu tantangan dan memutuskan untuk mengadakan intervensi terhadap latihan militer tersebut. Pertarungan Gundam dan para pasukan dari 3 fraksi yang ada menjadi sebuah pertarungan yang sengit dan panjang. Para Meister [pilot Gundam] semakin lelah akibat pertarungan yang tidak kunjung berhenti karena banyaknya jumlah pasukan yang dimiliki oleh 3 fraksi tersebut. Saat keadaan menjadi berbahaya bagi para meister [bahkan sudah ada Gundam yang tertangkap] datanglah 3 unit Gundam baru yang tidak dikenali, bahkan oleh para Meister maupun kru Celestial Being yang lain.
Akhirnya para Meister bisa selamat dalam pertempuran karena bantuan dari 3 unit Gundam yang baru tersebut. Mereka menyebut diri mereka The Trinity yang terdiri dari Johann, Michael, dan Nena Trinity, 3 bersaudara yang menjadi Meister dari Throne Eins[Johann], Throne Zwei[Michael], dan Throne Drei[Nena].
The Trinity juga mengaku bahwa mereka juga bagian dari Celestial Being. Walaupun begitu, selanjutnya mereka lebih suka untuk beraksi sendiri walaupun tetap membawa nama Celestial Being. Namun dalam melakukan aksinya, Trinity tidak pandang bulu dan seenaknya, bahkan menimbulkan korban sipil. Hal ini tentunya kembali mendatangkan pendapat negatif dari masyarakat terhadap Celestial Being. Setsuna sendiri tidak suka dengan kelakuan Trinity dan menyerang mereka.
Di lain pihak, terjadi kebocoran [yang disengaja] tentang teknologi Celestial Being kepada pihak UNION, HRL, dan AEU. Dan mereka mendapatkan masing-masing 10 Solar Furnace yang digunakan untuk membuat MS [GN-X] yang dapat menandingi Gundam. Kemunculan GN-X yang pertama kali adalah saat Trinity menyerang markas militer milik HRL.
Di sana Trinity bertempur dengan 10 unit GN-X dan Trinity memutuskan untuk mundur. Kemudian, Trinity terus diburu oleh pihak aliansi sampai terdesak di suatu pulau. Tiba-tiba muncul Ali Al Sarshes [prajurit bayaran dari PMC Trust] yang kemudian merebut Throne Zwei dengan terlebih dahulu membunuh Michael dan sekaligus menghancurkan Throne Eins beserta pilotnya. Saat Al Sarshes hendak menghancurkan Throne Drei, Setsuna muncul menggunakan Exia. Al Sarshes terdesak dan mundur dalam pertarungan dengan Exia saat Trans-Am [system yang dapat menambah kekuatan sebuah Gundam] milik Exia secara otomatis teraktivasi. Dan Setsuna pun kembali ke Ptoleimaios [kapal induk Celestial Being].
Sedangkan di luar angkasa, pihak aliansi meluncurkan serangan ke Ptolemaios. Pertempuran ini menjadi sebuah pertempuran terakhir bagi kedua belah pihak. Sebuah pertempuran yang dipenuhi dengan kehancuran dan kematian.
Cerita berlanjut di 4 tahun setelah pertempuran terakhir tersebut, tepatnya di tahun 2312 A.D. Fraksi2 dan negara2 yang ada di bumi telah bersatu dalam Earth Federation. Pada peringatan 1 tahun terbentuknya EF, diproklamasikan pula penghapusan pasukan militer yang ada di tiap negara dan menggabungkan kekuatan militer tersebut ke dalam satu pasukan di bawah bendera Earth Federation. Sedangkan di suatu asteroid, Wang Liu Mei [seorang agen Celestial Being] bertemu dengan Ian [teknisi sekaligus kru Ptolemaios] dan membicarakan tentang persiapan Suit yang baru, selain itu Liu Mei juga meminta Ian untuk menunjukkan 0 Gundam, Gundam/mesin pertama yang beroperasi menggunakan Solar Furnace. Di akhir cerita ditampakkan secara sekilas 00 Gundam, yang menurut Wang Liu Mei adalah Gundam yang akan mengubah dunia...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

waaah...KEREN ABEEEZ>.. TapI KAPAn tayang DI INDONESIA, ya? MAw dtayangin dimana? jangan2 di Indosiar...Kaya g. seed/destiny.TAPI TAUUUK, DEch!!! Yang penting tayang hari minggu ja...Moga2... By soran00_ibrahim@yahoo.co.id